Cara Kirim File Audio Besar Lewat WhatsApp

Informasi Kece, Baca Artikel Ini dan Pahami Cara Kirim File Audio Besar Lewat WhatsApp

Halo Informasi Kece, sekarang ini banyak orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi. Saking populernya, WhatsApp bahkan menjadi aplikasi chatting nomor satu di dunia. Selain untuk chatting, WhatsApp juga digunakan untuk mengirim file audio kepada teman dan keluarga. Tetapi, ada batasan ukuran file yang bisa dikirim melalui WhatsApp. Nah, pada artikel ini kami akan membagikan cara kirim file audio besar lewat WhatsApp.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan WhatsApp untuk Mengirim File Audio Besar

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh orang-orang untuk mengirim pesan dan file audio. Ada kelebihan dan juga kekurangan dalam menggunakan WhatsApp untuk mengirim file audio. Berikut penjelasannya:

Kelebihan

1. Mudah digunakan

WhatsApp sangat mudah digunakan untuk mengirim file audio karena kita hanya perlu menekan tombol ikon mikrofon di samping kolom teks dan merekam suara yang ingin kita kirim.

2. Gratis

WhatsApp adalah aplikasi gratis dan tidak memungut biaya untuk mengirim pesan dan file audio.

3. Bisa dikirim ke banyak orang sekaligus

Kita bisa mengirim file audio ke banyak orang sekaligus hanya dengan menekan tombol “Broadcast List”.

4. File audio terenkripsi

WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end untuk mengamankan file audio yang dikirimkan. Ini berarti file audio kita tidak dapat diakses oleh orang lain selain penerima yang dituju.

5. Bisa diakses dari mana saja

Karena WhatsApp dapat diakses dari mana saja, kita bisa mengakses file audio yang telah dikirimkan dari perangkat apa pun.

6. Mudah dikirim ke orang luar negeri

Kita bisa mengirim file audio ke siapa saja di seluruh dunia tanpa harus membayar biaya tambahan.

Kekurangan

1. Batasan ukuran file

WhatsApp memiliki batasan ukuran file audio yang bisa dikirimkan, yaitu 16MB untuk iOS dan 12MB untuk Android.

2. Bisa memakan kuota internet

Ketika mengirim file audio, WhatsApp akan menggunakan koneksi internet. Ini berarti kita harus memperhatikan penggunaan kuota internet kita.

3. Tidak dapat mengirim file audio berkualitas tinggi

File audio yang dikirimkan melalui WhatsApp akan dikompresi, sehingga kualitas suaranya turun.

4. Keterbatasan format file

WhatsApp hanya mendukung beberapa format file seperti MP3, AAC, dan WAV. Jika kita ingin mengirim file dengan format lain, kita harus mengubahnya terlebih dahulu.

5. Tidak bisa mengirim file audio lebih dari satu sekaligus

Kita hanya dapat mengirim satu file audio dalam satu kali pengiriman. Jika ingin mengirim lebih dari satu file audio, kita harus mengirimkannya satu per satu.

6. Bisa menimbulkan masalah privasi

Ketika kita mengirim file audio melalui WhatsApp, ada kemungkinan orang lain bisa mendengarkannya. Ini bisa menimbulkan masalah privasi jika kita tidak ingin file audio tersebut didengar oleh orang lain.

7. Tidak bisa mengirim file audio ke orang yang tidak memiliki WhatsApp

Kita hanya bisa mengirim file audio ke orang yang sudah memiliki WhatsApp.

Tutorial Cara Kirim File Audio Besar Lewat WhatsApp

Berikut adalah tutorial cara kirim file audio besar lewat WhatsApp:

1. Ubah format file audio

Jika file audio yang ingin kita kirim memiliki format yang tidak didukung oleh WhatsApp, kita harus mengubah formatnya terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah format file audio seperti fre:ac atau Any Audio Converter.

2. Split file audio

Jika file audio yang ingin kita kirim terlalu besar, kita bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Kita bisa menggunakan aplikasi seperti MP3 Cutter and Ringtone Maker atau Audio Cutter untuk memotong file audio.

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika file audio yang ingin kita kirim terlalu besar, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Send Anywhere atau WeTransfer untuk mengirim file audio. Kita hanya perlu mengunggah file audio ke aplikasi tersebut dan membagikan tautannya kepada penerima.

4. Gunakan aplikasi kompresi

Jika file audio yang ingin kita kirim terlalu besar, kita bisa menggunakan aplikasi kompresi seperti WinZip atau 7Zip untuk mengurangi ukuran file audio. Setelah file audio dikompresi, kita bisa mengirimkannya melalui WhatsApp.

5. Bagikan melalui Google Drive

Jika file audio yang ingin kita kirim terlalu besar, kita bisa mengunggahnya ke Google Drive dan membagikan tautannya kepada penerima. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu membuat folder di Google Drive dan mengunggah file audio ke dalamnya. Setelah itu, kita bisa membagikan tautan folder tersebut kepada penerima melalui WhatsApp.

FAQ (Frequently Asked Questions)

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah WhatsApp bisa mengirim file audio lebih dari 16MB? Tidak, WhatsApp hanya bisa mengirim file audio dengan ukuran maksimal 16MB untuk iOS dan 12MB untuk Android.
2 Bisakah saya mengirim file audio berkualitas tinggi melalui WhatsApp? Tidak, WhatsApp akan mengompresi file audio yang dikirimkan sehingga kualitas suaranya turun.
3 Bagaimana jika saya ingin mengirim file audio dengan format yang tidak didukung oleh WhatsApp? Kita harus mengubah format file audio terlebih dahulu sebelum mengirimkannya melalui WhatsApp.
4 Apakah orang lain bisa mendengarkan file audio yang saya kirimkan melalui WhatsApp? Ada kemungkinan orang lain bisa mendengarkan file audio yang dikirimkan melalui WhatsApp. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam mengirim file audio.
5 Bisakah saya mengirim file audio lebih dari satu sekaligus melalui WhatsApp? Tidak, kita hanya bisa mengirim satu file audio dalam satu kali pengiriman. Jika ingin mengirim lebih dari satu file audio, kita harus mengirimkannya satu per satu.
6 Bisakah saya mengirim file audio ke orang yang tidak memiliki WhatsApp? Tidak, kita hanya bisa mengirim file audio ke orang yang sudah memiliki WhatsApp.
7 Apakah ada cara lain untuk mengirim file audio selain melalui WhatsApp? Ya, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau layanan seperti Google Drive untuk mengirim file audio.
8 Apa yang harus dilakukan jika file audio yang ingin dikirimkan terlalu besar? Kita bisa memotongnya menjadi beberapa bagian atau menggunakan aplikasi kompresi untuk mengurangi ukuran file audio.
9 Bagaimana jika koneksi internet saya lemah ketika mengirim file audio melalui WhatsApp? Koneksi internet yang lemah akan memperlambat pengiriman file audio melalui WhatsApp. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan koneksi internet kita saat mengirim file audio.
10 Bisakah saya mengirim file audio ke banyak orang sekaligus melalui WhatsApp? Ya, kita bisa menggunakan fungsi “Broadcast List” untuk mengirim file audio ke banyak orang sekaligus.
11 Apakah ada batasan jumlah orang yang bisa saya kirimi file audio melalui WhatsApp? Tidak, kita bisa mengirim file audio ke sebanyak orang yang kita inginkan melalui WhatsApp.
12 Bisakah saya mengubah ukuran file audio sebelum mengirimkannya melalui WhatsApp? Ya, kita bisa menggunakan aplikasi kompresi untuk mengurangi ukuran file audio sebelum mengirimkannya melalui WhatsApp.
13 Apakah ada waktu maksimal untuk mengirim file audio melalui WhatsApp? Tidak, kita bisa mengirim file audio kapan saja melalui WhatsApp.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling mudah digunakan untuk mengirim file audio. Tetapi, WhatsApp memiliki batasan ukuran file yang bisa dikirimkan dan tidak dapat mengirim file audio berkualitas tinggi. Untuk mengirim file audio besar, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau layanan seperti Google Drive. Namun, kita harus berhati-hati dalam mengirim file audio agar tidak menimbulkan masalah privasi.

Untuk itu, bagi Informasi Kece yang ingin mengirim file audio besar lewat WhatsApp, sebaiknya memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan WhatsApp untuk mengirim file audio, serta mempertimbangkan alternatif lain jika file audio terlalu besar untuk dikirim melalui WhatsApp.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Informasi Kece dalam mengirim file audio besar lewat WhatsApp.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara kirim file audio besar lewat WhatsApp. Artikel ini dibuat untuk membantu Informasi Kece dalam mengirim file audio besar lewat WhatsApp. Namun, penulis tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul dalam penggunaan informasi yang terdapat dalam artikel ini. Penulis juga menghimbau pembaca untuk berhati-hati dalam menggunakan aplikasi WhatsApp dan menghindari penggunaannya untuk tindakan yang melanggar hukum atau merugikan orang lain.