Mengirim File Video Besar di WA: Tips dan Trik

Informasi Kece, Apa Kabar?

WA atau WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia. Selain bisa digunakan untuk mengirim pesan teks dan suara, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengirim file seperti foto dan video. Namun, pengguna seringkali mengalami kendala ketika ingin mengirim file video yang ukurannya besar. Hal ini bisa disebabkan oleh keterbatasan kapasitas pengiriman file di WA. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk mengirim file video besar di WA. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Pendahuluan

Sebagai pengguna WA, tentunya kamu seringkali mengalami kesulitan dalam mengirim file video yang ukurannya besar. Hal ini bisa membuat proses pengiriman menjadi lebih lambat dan gagal terkirim. Kami akan menjelaskan cara-cara dan trik-trik untuk mengatasi kendala tersebut. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dalam mengirim file video melalui WA.

Kelebihan dan Kekurangan Mengirim File Video Besar di WA

Kelebihan:

1. Tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengirim file video.

2. Mudah digunakan dan bisa diakses dari mana saja selama terkoneksi dengan internet.

3. Media pemutar video di WA sudah cukup baik dan tidak memerlukan aplikasi ekstra.

4. Bisa menghemat memori penyimpanan di ponsel karena tidak perlu menyimpan file di galeri.

Kekurangan:

1. Kapasitas pengiriman file di WA terbatas sehingga seringkali gagal terkirim ketika ukuran file video terlalu besar.

2. Kualitas video yang dikirim bisa menurun karena faktor kompresi yang dilakukan oleh WA.

3. Tidak bisa mengirim file video dengan durasi yang terlalu panjang.

4. Hanya bisa mengirim file video satu persatu, tidak bisa mengirim beberapa video sekaligus.

5. Hanya bisa diakses oleh pengguna WA, tidak bisa dibuka oleh pengguna aplikasi chat lainnya.

6. Keamanan file video belum bisa dijamin karena bisa disadap oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

7. Berisiko ditolak oleh penerima jika ukuran file video terlalu besar dan memakan banyak kuota internet.

Tips dan Trik Mengirim File Video Besar di WA

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu mengalami kendala dalam mengirim file video besar, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Drive, Dropbox, atau WeTransfer. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengupload file video yang ingin dikirim ke aplikasi tersebut dan membagikan link downloadnya ke penerima. Penerima bisa mendownload file video tersebut tanpa harus melalui proses pengiriman di WA. Namun, pastikan kamu sudah memeriksa keamanan aplikasi tersebut dan menghindari penggunaan aplikasi yang tidak terpercaya.

2. Memperkecil Ukuran File Video

Jika file video yang ingin kamu kirim terlalu besar, kamu bisa memperkecil ukurannya terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi kompresi seperti Video Compress atau MP4 Video Compressor. Namun, pastikan kualitas video yang dihasilkan masih memenuhi standar yang baik dan jangan memperkecil terlalu banyak hingga mengurangi kualitas video secara signifikan.

3. Mengubah Format Video

WA memiliki batasan ukuran file untuk jenis file tertentu, seperti AVI dan MKV. Jika file video yang ingin kamu kirim memiliki format tersebut, kamu bisa mengubah formatnya menjadi MP4 atau 3GP yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Kamu bisa menggunakan aplikasi konversi video seperti Format Factory atau Any Video Converter.

4. Memotong Bagian Video yang Tidak Penting

Jika file video yang ingin kamu kirim memiliki durasi yang terlalu panjang, kamu bisa memotong bagian video yang tidak penting. Kamu bisa menggunakan aplikasi editor video seperti Kinemaster atau Inshot untuk memotong dan mengedit video tersebut.

5. Menggunakan Wi-Fi

Mengirim file video besar di WA bisa memakan kuota internet yang banyak dan memperlambat koneksi internet kamu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengirim file video melalui koneksi Wi-Fi yang lebih stabil dan cepat.

6. Menggunakan Fitur Unduhan Otomatis

WA memiliki fitur unduhan otomatis yang memungkinkan kamu mengunduh file video secara otomatis ketika terhubung dengan Wi-Fi. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini di pengaturan WA agar tidak perlu mendownload file video secara manual.

7. Mengirim File Video Sebagai Dokumen

Selain mengirim file video sebagai video biasa, kamu juga bisa mengirimnya sebagai dokumen. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengubah ekstensi file video menjadi .doc atau .pdf dan mengirimkannya seperti biasa. Namun, pastikan penerima tahu cara membuka file tersebut sebagai video dan bukan sebagai dokumen biasa.

Table : Informasi Lengkap Mengirim File Video Besar di WA

No. Nama Fitur Cara Penggunaan Kelebihan Kekurangan
1 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Mengupload file ke aplikasi pihak ketiga, membagikan link download ke penerima Tidak terbatas kapasitas pengiriman file, aman dan terpercaya Menerima link download bisa memakan waktu, keamanan file belum bisa dijamin
2 Memperkecil Ukuran File Video Menggunakan aplikasi kompresi video seperti Video Compress atau MP4 Video Compressor Mudah digunakan, tidak memerlukan koneksi internet yang kuat Kualitas video bisa menurun, memakan waktu
3 Mengubah Format Video Menggunakan aplikasi konversi video seperti Format Factory atau Any Video Converter Ukuran file bisa menjadi lebih kecil, mudah digunakan Kualitas video bisa menurun, memakan waktu
4 Memotong Bagian Video yang Tidak Penting Menggunakan aplikasi editor video seperti Kinemaster atau Inshot Video bisa menjadi lebih singkat dan mudah dipahami, kualitas video tetap terjaga Memakan waktu, tidak bisa menghilangkan seluruh bagian video yang tidak penting
5 Menggunakan Wi-Fi Menyambungkan ponsel ke jaringan Wi-Fi sebelum mengirim file video Koneksi internet lebih cepat dan stabil, meminimalisir pemakaian kuota internet Memerlukan akses ke jaringan Wi-Fi yang tersedia, memakan waktu
6 Menggunakan Fitur Unduhan Otomatis Mengaktifkan fitur unduhan otomatis di pengaturan WA Menghemat waktu, meminimalisir penggunaan kuota internet Tidak bisa mengontrol kapan file video akan diunduh, tidak bisa digunakan di luar jangkauan Wi-Fi
7 Mengirim File Video Sebagai Dokumen Mengubah ekstensi file video menjadi .doc atau .pdf dan mengirimkannya seperti biasa Mudah digunakan, bisa membantu mengatasi keterbatasan kapasitas pengiriman file di WA Penerima harus tahu cara membuka file tersebut sebagai video, bisa memakan waktu

13 Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Mengirim File Video Besar di WA

1. Berapa kapasitas maksimal file video yang bisa dikirim di WA?

WA memiliki batasan kapasitas pengiriman file sebesar 100 MB.

2. Apakah kualitas video bisa menurun ketika dikirim melalui WA?

Ya, kualitas video bisa menurun karena faktor kompresi yang dilakukan oleh WA.

3. Apakah WA bisa mengirim file video dengan durasi yang terlalu panjang?

Tidak, WA hanya bisa mengirim file video dengan durasi yang tidak terlalu panjang.

4. Apakah WA bisa mengirim beberapa file video sekaligus?

Tidak, WA hanya bisa mengirim file video satu persatu.

5. Bagaimana cara mengirim file video yang ukurannya lebih dari 100 MB?

Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Drive atau WeTransfer untuk mengirim file video yang ukurannya lebih dari 100 MB.

6. Mengapa file video yang saya kirim gagal terkirim di WA?

Hal ini bisa disebabkan oleh keterbatasan kapasitas pengiriman file di WA atau masalah koneksi internet yang tidak stabil.

7. Bagaimana cara mengatasi file video yang gagal terkirim di WA?

Kamu bisa mencoba mengirim file video kembali setelah memperkecil ukurannya atau mengubah formatnya.

8. Apakah ada risiko keamanan saat mengirim file video melalui WA?

Ya, risiko keamanan masih ada karena file video bisa disadap oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

9. Bagaimana cara menghindari risiko keamanan saat mengirim file video di WA?

Kamu bisa memperkecil risiko keamanan dengan mengenkripsi file video sebelum dikirim atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih aman.

10. Apakah bisa mengirim file video melalui WA web?

Ya, bisa. Namun, tetap memerlukan koneksi internet yang stabil dan kecepatan yang cukup tinggi.

11. Apakah ada cara lain selain menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim file video yang ukurannya besar di WA?

Kamu bisa memperkecil ukuran file video atau mengubah formatnya sebelum mengirimnya di WA.

12. Apakah cara mengirim file video yang ukurannya besar di WA berbeda dengan cara mengirim file foto yang ukurannya besar?

Tidak, cara mengirim file video dan foto yang ukurannya besar di WA sama-sama mengharuskan kamu memperkecil ukuran file atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

13. Bagaimana cara mengakses file video yang dikirim melalui WA?

File video yang dikirim melalui WA bisa diakses melalui chat yang bersangkutan dengan file video tersebut.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa mengirim file video besar di WA bisa menjadi kendala bagi pengguna. Namun, dengan menggunakan tips dan trik yang kami berikan, kamu bisa mengatasi kendala tersebut dengan mudah dan cepat. Kami menyarankan kamu untuk memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan menghindari penggunaan cara yang merugikan atau tidak aman. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mengirim file video yang ukurannya besar di WA.

Informasi Kece, Semangat Terus!

Semoga kamu puas dengan informasi yang kami berikan. Kami akan selalu memberikan informasi terbaru dan terpercaya untuk kamu. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa lagi!

Penutup

Artikel ini sudah mencakup semua informasi yang kamu butuhkan tentang cara mengirim file video besar di WA. Kami berusaha memberikan informasi yang lengkap dan terpercaya untuk kamu. Namun, kami tidak bertanggungjawab atas kesalahan atau kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan informasi yang kami berikan. Selalu gunakan informasi dengan bijak dan bertanggungjawab. Terima kasih sudah membaca artikel ini!