Sat. Jul 13th, 2024

Informasi Kece, Inilah Cara Mengirim Video Full Lewat WhatsApp yang Mudah dan Cepat

Halo, Informasi Kece! Apakah kamu pernah mengalami kesulitan saat ingin mengirim video full melalui WhatsApp? Ya, memang terkadang WhatsApp memiliki batasan dalam ukuran file yang bisa dikirimkan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim video full lewat WhatsApp dengan mudah dan cepat. Simak terus ya!

Pendahuluan

WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah pengiriman pesan berupa teks, foto, dan video. Namun, terkadang kita mengalami kesulitan saat ingin mengirim video full lewat WhatsApp. Hal ini disebabkan oleh batasan ukuran file yang diperbolehkan oleh aplikasi.

Sebagai informasi, WhatsApp hanya memperbolehkan pengiriman video dengan ukuran maksimal 16 MB untuk Android dan 128 MB untuk iOS. Ukuran tersebut bisa sangat kecil jika kita ingin mengirim video dengan kualitas tinggi atau durasi yang panjang. Namun, jangan khawatir, masih ada beberapa cara untuk mengirim video full lewat WhatsApp. Berikut di antaranya:

Cara Mengirim Video Full Lewat WhatsApp

No Cara Keterangan
1 Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Drive, Dropbox, atau WeTransfer untuk mengirim video full lewat WhatsApp. Caranya, kamu cukup upload video tersebut ke aplikasi tersebut, kemudian salin link unduhan dan kirimkan melalui WhatsApp. Penerima bisa mendownload video tersebut melalui link tersebut.
2 Kompres Video dengan Aplikasi Khusus Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus seperti Video Compressor, Video Dieter, atau VidCompact untuk mengompres video tersebut agar ukurannya menjadi lebih kecil dan bisa dikirimkan melalui WhatsApp. Namun, perlu diingat, pengompresan video bisa mempengaruhi kualitas video tersebut.
3 Ubah Format Video Kamu bisa mengubah format video tersebut menjadi format yang lebih kecil seperti MP4 atau 3GP agar bisa dikirimkan melalui WhatsApp. Namun, perlu diingat, perubahan format bisa mempengaruhi kualitas video tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Mengirim Video Full Lewat WhatsApp

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari cara mengirim video full lewat WhatsApp:

Kelebihan

1. Mudah dan cepat. Cara mengirim video full lewat WhatsApp sangat mudah dan cepat dilakukan. Kamu hanya perlu mengikuti panduan yang telah kami berikan di atas.

2. Tidak memerlukan biaya. WhatsApp adalah aplikasi gratis yang bisa diunduh dan digunakan oleh semua orang. Cara mengirim video full lewat WhatsApp juga tidak memerlukan biaya tambahan.

3. Bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa mengirim video full lewat WhatsApp kapan saja dan di mana saja asalkan kamu memiliki koneksi internet.

4. Bisa mendukung video dengan kualitas tinggi. Salah satu kelebihan dari penggunaan aplikasi pihak ketiga adalah kamu bisa mengirim video dengan kualitas tinggi tanpa perlu khawatir akan batasan ukuran file.

Kekurangan

1. Batasan ukuran file. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, WhatsApp memiliki batasan ukuran file untuk video. Hal ini bisa membuat kamu kesulitan saat ingin mengirim video dengan ukuran besar.

2. Pengompresan video bisa mempengaruhi kualitas. Jika kamu memilih untuk mengompres video agar bisa dikirimkan melalui WhatsApp, perlu diingat bahwa pengompresan bisa mempengaruhi kualitas video tersebut.

3. Perubahan format bisa mempengaruhi kualitas. Jika kamu memilih untuk mengubah format video agar bisa dikirimkan melalui WhatsApp, perlu diingat bahwa perubahan format bisa mempengaruhi kualitas video tersebut.

4. Tergantung pada koneksi internet. Untuk mengirim video full lewat WhatsApp, kamu memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat. Jika koneksi internet lambat, proses pengiriman bisa memakan waktu yang lama.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cara mengirim video full lewat WhatsApp:

1. Apakah bisa mengirim video full lewat WhatsApp tanpa aplikasi pihak ketiga?

Jawab: Ya, bisa. Salah satu caranya adalah dengan mengirim video tersebut dalam beberapa bagian ke penerima dan meminta penerima untuk menggabungkan video tersebut menggunakan aplikasi pengedit video.

2. Apakah ada batasan jumlah video yang bisa dikirimkan dalam satu kali pengiriman?

Jawab: Ya, ada. WhatsApp memperbolehkan pengiriman hingga 30 file dalam satu kali pengiriman.

3. Apakah ada cara untuk mengirim video full lewat WhatsApp tanpa mengompres video tersebut?

Jawab: Tidak ada. WhatsApp memiliki batasan ukuran file untuk video yang bisa dikirimkan. Jika ukuran file melebihi batasan tersebut, maka video tersebut perlu dikompres agar bisa dikirimkan.

4. Apakah aplikasi pihak ketiga aman untuk digunakan?

Jawab: Ya, asalkan kamu mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan tidak membagikan informasi pribadi atau password dengan aplikasi tersebut.

5. Apakah mengubah format video bisa mempengaruhi kualitas video tersebut?

Jawab: Ya, bisa. Perubahan format bisa mempengaruhi kualitas video tersebut tergantung pada jenis format yang digunakan.

6. Apakah pengiriman video full lewat WhatsApp memerlukan biaya tambahan?

Jawab: Tidak. WhatsApp adalah aplikasi gratis yang bisa diunduh dan digunakan oleh semua orang.

7. Apakah bisa mengirim video full lewat WhatsApp dengan kualitas 4K?

Jawab: Tidak bisa. WhatsApp hanya memperbolehkan pengiriman video dengan ukuran maksimal 16 MB untuk Android dan 128 MB untuk iOS.

Kesimpulan

Setelah membaca panduan lengkap di atas, sekarang kamu sudah tahu cara mengirim video full lewat WhatsApp dengan mudah dan cepat. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, mengompres video, atau mengubah format video untuk mengatasi batasan ukuran file yang diperbolehkan oleh WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa pengompresan dan perubahan format bisa mempengaruhi kualitas video tersebut. Jadi, pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Informasi Kece!

Disclaimer

Informasi yang terdapat dalam artikel ini hanya bersifat informasional dan tidak dimaksudkan sebagai saran atau rekomendasi untuk melakukan tindakan tertentu. Penggunaan cara mengirim video full lewat WhatsApp sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian yang mungkin terjadi akibat penggunaan cara ini.

By Vicky