Cara Kirim Video Ukuran Besar ke WhatsApp

Informasi Kece, Kamu Perlu Tahu Cara Kirim Video Ukuran Besar ke WhatsApp!

Halo Informasi Kece, siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Aplikasi pesan instan ini menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dengan fitur-fitur yang terus berkembang, WhatsApp punya banyak kelebihan dibandingkan aplikasi pesan instan lainnya. Namun, ada satu hal yang seringkali membuat pengguna WhatsApp merasa kesulitan, yakni mengirim video dengan ukuran file yang besar.

Video dengan ukuran besar memang seringkali sulit untuk dikirim melalui WhatsApp. Hal ini dikarenakan batasan ukuran file yang hanya sampai 16 MB pada WhatsApp, sehingga video yang ukurannya lebih besar dari itu tidak dapat dikirim melalui aplikasi ini.

Tapi jangan khawatir, pada artikel ini, kami akan memberikan solusi dan menjelaskan cara-cara mudah untuk mengirim video ukuran besar ke WhatsApp. Simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Mengirim Video Ukuran Besar ke WhatsApp

Kelebihan

1. Video dengan kualitas yang lebih baik.
👍Dengan mengirim video dengan ukuran yang lebih besar, maka kualitas video yang diterima oleh penerima akan lebih baik. Hal ini karena video dengan ukuran yang lebih besar memiliki resolusi yang lebih tinggi.

2. Lebih detail dalam memperlihatkan informasi.
👍Jika kamu ingin mengirim video yang berisi informasi yang detail, maka kamu harus memilih video dengan ukuran file yang besar. Hal ini dikarenakan video dengan ukuran yang besar dapat memperlihatkan detail yang lebih jelas.

3. Tampilan yang lebih jelas.
👍Video dengan ukuran yang besar akan memberikan tampilan yang lebih jelas dan detil dibandingkan video dengan ukuran yang kecil.

4. Lebih nyaman ditonton.
👍Video dengan ukuran yang besar akan memberikan kenyamanan saat ditonton, karena tampilannya lebih jelas dan detail.

5. Lebih profesional.
👍Mengirim video dengan ukuran yang besar akan memberikan kesan yang lebih profesional, terutama jika video tersebut berisi informasi yang penting dan berkaitan dengan pekerjaan.

Kekurangan

1. Memakan waktu lama.
👎Mengirim video ukuran besar ke WhatsApp memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mengirim video dengan ukuran yang kecil. Hal ini dikarenakan ukuran file yang besar akan memakan waktu untuk diunggah dan dikirim ke penerima.

2. Memakan ruang penyimpanan.
👎Video dengan ukuran file yang besar akan memakan ruang penyimpanan yang lebih besar di perangkat kamu maupun perangkat penerima.

3. Mungkin tidak dapat dikirim ke banyak orang sekaligus.
👎Mengirim video dengan ukuran file yang besar ke banyak orang sekaligus mungkin akan sulit dilakukan, karena WhatsApp hanya membatasi jumlah penerima yang dapat menerima pesan dalam satu waktu.

4. Bisa memengaruhi kualitas video ketika dikompresi.
👎Jika kamu mengirim video dengan ukuran file yang besar dan kemudian dihadapkan pada masalah ukuran file yang tidak memadai, maka video tersebut akan dikompresi. Hal ini bisa memengaruhi kualitas video yang dihasilkan.

5. Mengganggu kualitas jaringan internet.
👎Mengirim video dengan ukuran file yang besar akan memengaruhi kualitas jaringan internet. Proses pengiriman akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan memakan banyak kuota internet.

Cara Kirim Video Ukuran Besar ke WhatsApp

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan cara mengirim video ukuran besar ke WhatsApp, sekarang saatnya untuk mempelajari cara-cara mudah mengirim video tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengompres ukuran video. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store, seperti Video Compressor, Video Resizer, ataupun Video Compress. Setelah video terkompres, kamu bisa langsung mengirimnya melalui WhatsApp seperti biasa.

2. Menggunakan Fitur Bawaan pada Perangkat

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur bawaan pada perangkat. Jika kamu menggunakan perangkat Android, kamu bisa mengganti kualitas video menjadi rendah pada saat merekam video. Jika kamu menggunakan perangkat iOS, kamu bisa menggunakan fitur “Trim” yang ada pada aplikasi Foto untuk memotong video yang ingin kamu kirim.

3. Menggunakan Aplikasi Kompresi Video Online

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi kompresi video online seperti Clideo, Kapwing, atau Online-Convert. Kamu hanya perlu mengunjungi situs tersebut dan mengikuti beberapa tahapan untuk mengompres ukuran video yang akan kamu kirim.

4. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video

Cara keempat yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pemutar video seperti MX Player atau VLC. Kamu hanya perlu membuka video yang akan kamu kirim menggunakan aplikasi tersebut, dan kemudian memilih menu “Berbagi” untuk mengirimnya melalui WhatsApp.

5. Mengirim Video melalui Email

Cara kelima yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengirim video melalui email. Kamu hanya perlu mengunggah video tersebut ke akun email kamu dan kemudian mengirimkannya ke penerima. Namun, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang cukup stabil dan email yang kamu gunakan dapat menampung ukuran file video yang besar.

Tabel Informasi Cara Kirim Video Ukuran Besar ke WhatsApp

Cara Kelebihan Kekurangan
Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga – Lebih praktis
– Tersedia banyak aplikasi
– Harus mengunduh aplikasi
– Kemungkinan berisi iklan
Menggunakan Fitur Bawaan pada Perangkat – Tanpa aplikasi tambahan
– Mudah dilakukan
– Kualitas video bisa menurun
Menggunakan Aplikasi Kompresi Video Online – Tanpa aplikasi tambahan
– Bisa digunakan di berbagai perangkat
– Memerlukan koneksi internet yang stabil
Menggunakan Aplikasi Pemutar Video – Tanpa aplikasi tambahan
– Mudah dilakukan
– Penerima harus memiliki aplikasi yang sama
Mengirim Video melalui Email – Mudah dilakukan
– Tidak mempengaruhi kualitas video
– Memerlukan koneksi internet yang stabil
– Email harus memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup

FAQ Tentang Cara Kirim Video Ukuran Besar ke WhatsApp

1. Bagaimana cara mengirim video ukuran besar ke WhatsApp?

Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, fitur bawaan pada perangkat, aplikasi kompresi video online, aplikasi pemutar video, atau mengirim video melalui email.

2. Apa yang harus saya lakukan jika video yang saya kirim tidak dapat diunggah di WhatsApp?

Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, fitur bawaan pada perangkat, atau aplikasi kompresi video online untuk mengompres ukuran video tersebut.

3. Berapa batas ukuran file video yang dapat dikirim melalui WhatsApp?

Batas ukuran file video yang dapat dikirim melalui WhatsApp adalah 16 MB.

4. Apakah kualitas video akan menurun ketika dikirim melalui WhatsApp?

Tergantung pada ukuran file video yang dikirim. Jika ukuran file video terlalu besar, maka WhatsApp akan mengompres kualitas video tersebut sehingga dapat terjadi penurunan kualitas.

5. Apakah saya perlu menginstal aplikasi tambahan untuk mengirim video ukuran besar ke WhatsApp?

Tidak selalu. Anda bisa menggunakan fitur bawaan pada perangkat atau aplikasi pemutar video untuk mengirim video tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun, jika ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi kompresi video online, maka Anda harus menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu.

6. Apakah pengiriman video dengan ukuran yang besar memakan waktu yang lebih lama?

Ya, pengiriman video dengan ukuran yang besar memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pengiriman video dengan ukuran yang kecil. Hal ini dikarenakan ukuran file yang besar akan memakan waktu untuk diunggah dan dikirim ke penerima.

7. Apa yang harus saya lakukan jika koneksi internet terputus saat mengirim video?

Anda bisa mengirim ulang video tersebut setelah koneksi internet kembali stabil. Namun, pastikan ukuran file video sudah dikompres terlebih dahulu agar tidak memakan waktu yang terlalu lama untuk dikirim kembali.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengirim video ukuran besar ke WhatsApp, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga, fitur bawaan pada perangkat, aplikasi kompresi video online, aplikasi pemutar video, atau mengirim video melalui email. Namun, sebelum mengirim video, kamu harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap cara agar kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ingat, mengirim video dengan ukuran file yang besar memerlukan waktu dan ruang penyimpanan yang lebih besar. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memperhitungkan hal-hal tersebut sebelum mengirim video ke penerima.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengirim video ukuran besar ke WhatsApp. Jangan lupa untuk memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari setiap cara yang sudah dijelaskan, sehingga kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Disclaimer: Artikel ini dibuat untuk tujuan informasi dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran atau rekomendasi yang diberikan oleh ahli atau profesional terkait topik yang dibahas. Penulis tidak bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang terdapat dalam artikel ini.