Cara Kirim File Video Ukuran Besar di WA

Pendahuluan

Salam Informasi Kece,

WhatsApp atau WA menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Selain untuk chatting, WA juga sering digunakan untuk mengirim file, baik itu foto, dokumen, maupun video. Namun, kadang-kadang kita mengalami kesulitan saat ingin mengirim video dengan ukuran yang besar melalui WA. Masalah ini tentu sangat merepotkan, terutama jika file video tersebut memang harus dikirimkan melalui WA.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara kirim file video ukuran besar di WA secara detail. Selain itu, kami juga akan membahas kelebihan dan kekurangan menggunakan cara ini. Anda juga akan menemukan tabel yang berisi semua informasi lengkap tentang cara kirim file video ukuran besar di WA. Jangan lupa untuk membaca FAQ dan kesimpulan pada akhir artikel.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Kirim File Video Ukuran Besar di WA

Sebelum membahas cara kirim file video ukuran besar di WA, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cara ini.

Kelebihan:

  1. Memungkinkan Anda mengirim video dengan ukuran yang besar tanpa perlu khawatir file tersebut terlalu besar untuk dikirim.
  2. Memungkinkan Anda mengirim video dengan kualitas yang baik tanpa perlu khawatir kualitas tersebut akan menurun saat dikirim.

Kekurangan:

  1. Proses pengiriman video dengan ukuran besar bisa memakan waktu yang cukup lama.
  2. Dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat agar proses pengiriman dapat berjalan dengan lancar.
  3. WA sering kali membatasi ukuran file yang dapat dikirimkan, terutama jika Anda menggunakan versi gratis dari aplikasi ini. Hal ini bisa membuat proses pengiriman video dengan ukuran besar menjadi lebih sulit.

Cara Kirim File Video Ukuran Besar di WA

Berikut adalah cara kirim file video ukuran besar di WA:

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda mengirim video dengan ukuran yang besar melalui WA. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • Shareit
  • Xender
  • Google Drive
  • WeTransfer

Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, Anda hanya perlu meng-upload video Anda dan membagikannya melalui WA.

2. Memotong Video Menjadi Bagian-bagian Kecil

Cara kedua adalah dengan memotong video menjadi bagian-bagian kecil. Anda dapat menggunakan aplikasi editing video seperti Adobe Premiere atau iMovie untuk memotong video menjadi bagian-bagian kecil. Setelah itu, Anda dapat mengirimkan bagian-bagian tersebut melalui WA.

3. Mengubah Format Video

Cara ketiga adalah dengan mengubah format video menjadi format yang lebih kecil. Anda dapat menggunakan aplikasi konversi video seperti Handbrake atau Any Video Converter untuk mengubah format video menjadi format yang lebih kecil. Setelah itu, Anda dapat mengirimkan video tersebut melalui WA.

4. Menggunakan Fitur Kompress WA

Cara keempat adalah dengan menggunakan fitur kompress WA. Fitur ini memungkinkan Anda mengompres video menjadi ukuran yang lebih kecil untuk kemudian dikirimkan melalui WA. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp Business.

Tabel

No. Cara Kirim File Video Ukuran Besar di WA Kelebihan Kekurangan
1 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Memungkinkan mengirim video dengan ukuran besar tanpa perlu khawatir file tersebut terlalu besar untuk dikirim. Proses pengiriman video dengan ukuran besar bisa memakan waktu yang cukup lama.
2 Memotong Video Menjadi Bagian-bagian Kecil Memungkinkan mengirim video dengan ukuran besar tanpa perlu khawatir file tersebut terlalu besar untuk dikirim. Memotong video menjadi bagian-bagian kecil membutuhkan waktu dan tenaga.
3 Mengubah Format Video Memungkinkan mengirim video dengan ukuran besar tanpa perlu khawatir file tersebut terlalu besar untuk dikirim. Mengubah format video bisa mengurangi kualitas video.
4 Menggunakan Fitur Kompress WA Memungkinkan mengompres video menjadi ukuran yang lebih kecil untuk kemudian dikirimkan melalui WA. Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp Business.

FAQ

1. Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Tidak, Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, beberapa aplikasi mungkin menawarkan fitur premium yang harus dibeli terlebih dahulu.

2. Apakah video saya akan kehilangan kualitas saat diubah format?

Tidak selalu. Kualitas video Anda tergantung pada format video yang Anda pilih dan pengaturan yang Anda gunakan saat mengkonversi video.

3. Apakah cara kedua memotong video menjadi bagian-bagian kecil mempengaruhi kualitas video?

Tidak selalu. Kualitas video Anda tergantung pada pengaturan yang Anda gunakan saat memotong video.

4. Apakah fitur kompress WA tersedia untuk pengguna WhatsApp biasa?

Tidak, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp Business.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirim video dengan ukuran besar melalui WA?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengirim video dengan ukuran besar melalui WA tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda dan ukuran file video tersebut. Semakin besar ukuran file video, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirimnya.

6. Apakah saya bisa menggunakan cara ini untuk mengirim file selain video?

Ya, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengirim file selain video. Namun, cara-cara tersebut mungkin tidak selalu efektif.

7. Apakah ada batasan ukuran file yang dapat dikirimkan melalui WA?

Ya, WA memiliki batasan ukuran file yang dapat dikirimkan, terutama jika Anda menggunakan versi gratis dari aplikasi ini. Batasan tersebut bergantung pada versi WA yang Anda gunakan.

Kesimpulan

1. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketika ingin mengirim file video dengan ukuran besar melalui WA, Anda harus memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga, memotong video menjadi bagian-bagian kecil, mengubah format video, atau menggunakan fitur kompress WA.

2. Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat.

Dalam proses pengiriman video dengan ukuran besar, koneksi internet yang stabil dan cepat sangatlah penting. Pastikan koneksi internet Anda memadai sebelum memulai proses pengiriman.

3. Periksa batasan ukuran file yang dapat dikirimkan melalui WA.

WA memiliki batasan ukuran file yang dapat dikirimkan, terutama jika Anda menggunakan versi gratis dari aplikasi ini. Pastikan Anda memeriksa batasan tersebut sebelum mengirim file.

4. Lakukan percobaan sebelum mengirim file yang sebenarnya.

Sebelum mengirim file yang sebenarnya, lakukanlah percobaan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa video yang Anda kirimkan dapat diterima dengan baik oleh penerima.

5. Jangan lupa untuk backup file Anda.

Setelah mengirim file video dengan ukuran besar melalui WA, jangan lupa untuk melakukan backup file Anda. Hal ini akan membantu Anda jika suatu saat file tersebut hilang atau rusak.

6. Perhatikan kelebihan dan kekurangan cara kirim file video ukuran besar di WA.

Sebelum memilih cara kirim file video ukuran besar di WA, perhatikan baik-baik kelebihan dan kekurangan dari cara tersebut. Hal ini akan membantu Anda memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Jangan lupa untuk memperbarui aplikasi WA Anda.

Jangan lupa untuk memperbarui aplikasi WA Anda secara teratur. Dengan memperbarui aplikasi, Anda akan mendapatkan fitur-fitur baru yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengirim file video dengan ukuran besar.

Kata Penutup

Demikianlah artikel tentang cara kirim file video ukuran besar di WA. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengirim file video dengan ukuran yang besar melalui WA. Jangan lupa untuk memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan selalu periksa batasan ukuran file yang dapat dikirimkan melalui WA. Terima kasih telah membaca.