Panduan Membangun Rumah dengan Anggaran Terbatas

Membangun rumah impian adalah impian semua orang. Tapi ini akan membutuhkan banyak uang. Bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas dan masih ingin bangun rumah impian mereka, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena apa pun bisa dilakukan.

Meski dananya kecil, Anda butuh strategi yang tepat untuk bisa membangun rumah yang nyaman. Inilah yang harus dilakukan.

1. Pilih lahan kecil

Hal pertama yang dapat Anda coba adalah memilih sebidang tanah kecil dengan sedikit uang. Karena semakin kecil tanahnya, semakin murah harga tanahnya. Namun, jika Anda memiliki tanah lama atau yang baru dibeli, lewati bagian ini.

Juga ditemukan bahwa biaya pajak lebih rendah bila lokasinya kecil. Hal ini untuk menekan biaya pembangunan rumah.

2. Pilih konsep minimalis

Kemudian hal penting yang perlu Anda ketahui adalah masalah model. Untuk menekan biaya membangun rumah, Anda bisa memilih desain rumah dengan konsep minimalis. Yang utama adalah rumah berfungsi sebagaimana mestinya dan jika perlu membuat rumah dengan desain paling fungsional.

Rumah minimalis mengangkat kesederhanaan. Semakin banyak detail yang ingin Anda tunjukkan dari rumah, semakin hemat biaya konstruksinya.

3. Temukan Tukang Terbaik

Saat membangun rumah, Anda harus memilih tukang bangunan yang profesional. Jika dana tidak mencukupi, sebaiknya hindari menggunakan jasa kontraktor karena biaya jasa kontraktor tersebut biasanya relatif tinggi.

Pastikan Anda mendapatkan  jasa tukang bangunan terkemuka untuk mendapatkan tempat tinggal yang nyaman nantinya. Ada berbagai macam jasa konstruksi yang bisa Anda pilih secara online atau offline dengan pencarian di internet.

4. Lakukan Survey Bahan Material

Karena Anda tidak menggunakan kontraktor, Anda perlu melakukan survei material. Jika Anda belum profesional, Anda dapat mengajak tukang untuk mengetahui harga bahannya. Bandingkan harga bahan di satu toko bangunan dengan toko bangunan lainnya.

Dapatkan saran dari tukang bangunan untuk bahan bangunan terbaik. Biasanya bahan bangunan lokal lebih murah dibandingkan bahan dari produk luar.

5. Pembangunan Bertahap

Akan lebih baik jika Anda sabar membangun rumah Anda saat anggaran Anda terbatas. Anda dapat menggunakan ide pengembangan langkah demi langkah. Katakanlah Anda pertama kali membangun fondasi sebuah rumah, dan kemudian ketika Anda memiliki anggaran tambahan, Anda memulai proses pembangunan dengan dana yang tersedia dan dioptimalkan.

Memang, kegiatan seperti itu akan memakan waktu lama. Tapi itu lebih baik daripada tidak memiliki rumah impian untuk sementara waktu.

Sekarang Anda  tahu apa yang harus dilakukan jika Anda ingin membangun rumah. Tetapi jika Anda mencari jasa tukang profesional yang dapat membangun rumah impian Anda dengan anggaran terbatas, Anda dapat menemukannya di Sejasa.

Sejasa sebagai platform untuk membantu Anda menemukan beberapa layanan terbaik untuk membantu memecahkan masalah. Apalagi untuk tugas membangun rumah. Misalnya jasa kontraktor, jasa desain rumah, jasa tukang harian atau borongan dan lainnya. Selain itu, ada layanan lain yang bisa dipilih. Seperti jasa perbaikan elektronik, jasa pijat dan jasa salon di Sejasa. Selain mengakses platform ini di jaringan Sejasa.com, Anda juga dapat mengakses platform ini melalui program di Android atau iOS.